Mengenali Perbedaan HIV dan AIDS

Perbedaan HIV dan Aids – Masyarakat banyak menilai HIV sama dengan AIDS, hal ini karena kedua singkatan tersebut digunakan bergantian dalam menamai satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini. Padahal berdasarkan namanya itu sendiri ada perbedaan yang mendasar antara HIV dan AIDS, sehingga dalam artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai perbedaan ini.

HIV itu sendiri singkatan dari “Human Immunodeficiency Virus” yang menjelaskan bahwa virus ini menyerang dan menginfeksi sistem kekebalan tubuh manusia sehingga akan kehilangan fungsinya. Tuhan menciptakan sesuatu yang ajaib pada manusia dengan sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan infeksi banyak virus, namun dalam kasus HIV sistem kekebalan tubuh ini tidak mampu menyerang dan membasmi virus secara keseluruhan. Para peneliti dan pakar kesehatan juga belum memiliki alasan yang jelas mengapa tubuh tidak mampu melawan infeksi HIV, namun sudah ditemukan terapi pengobatan untuk mengendalikan virus ini dan menjaga daya tahan tubuh.
Selanjutnya kita akan membahas tentang AIDS yaitu singkatan dari “Acquired Immuno Deficiency Syndrome” yang merupakan suatu kondisi / sindrom oleh karena infeksi HIV berkepanjangan. Kondisi AIDS ini berkembang ketika infeksi HIV sudah merusak hampir 75% sistem kekebalan tubuh sehingga terjadi kerusakan imunitas yang ditandai dengan mudahnya seseorang ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) terinfeksi berbagai penyakit lainnya dan terjadi komplikasi mematikan seperti TBC, pneumonia, kanker, dan infeksi penyakit / virus lainnya.
Setelah membaca perbedaan antara HIV dan AIDS di atas, ternyata HIV tidak selalu menjadi AIDS. Pada faktanya banyak orang hidup dengan virus HIV tanpa menjadi AIDS, hal ini dikarenakan kemajuan dalam bidang medis sehingga ODHA dapat bertahan hidup lebih lama. Dengan penjelasan ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa seseorang yang terdiagonsa AIDS sudah pasti memiliki HIV.
Apakah HIV Dapat Menular?
Tentu sebagai suatu virus, HIV dapat berpindah dan menginfeksi orang lain dengan cara yang sangat mudah dihindari yaitu pertemuan antar cairan dalam tubuh seperti darah atau cairan pada organ intim, selain itu juga dapat melalui media seperti jarum suntik, hubungan seksual, transfusi darah, atau ibu terhadap janin dalam masa kehamilan. HIV tidak dapat ditularkan melalui udara, sentuhan, keringat, atau cara penularan penyakit pada umumnya yang lain.
Infeksi HIV Tidak Selalu Menampakkan Gejala
Ketika virus HIV menginfeksi manusia biasanya menimbulkan gejala mirip dengan flu selama 2 sampai 4 minggu setelah terinfeksi. Jangka waktu tersebut biasanya disebut dengan masa infeksi akut yang dimana sistem kekebalan tubuh dapat mengendalikan infeksi sehingga terjadilah masa laten yang dimana virusnya tersembunyi tanpa menimbulkan gejala namun berpotensi menjadi lebih ganas.
HIV tidak dapat disingkirkan sepenuhnya oleh sistem kekebalan tubuh tapi dapat mengendalikannya dalam waktu yang lama. Di dalam fase laten tersebut tubuh tidak akan menampakkan gejala dalam waktu yang panjang, namun apabila sudah berubah menjadi AIDS maka akan timbul berbagai macam komplikasi yang gejalanya sangat buruk. Baca juga informasi seputar pengobatan hiv aids terbaik.

Diagnosa Sederhana Mampu Mendeteksi Infeksi HIV
Ketika tubuh terinfeksi maka sistem imun akan membentuk antibodi untuk melawan virus HIV, biasanya pemeriksaan dilakukan di laboratorium / rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dengan mengecak darah / air liur pasien. Apabila terdapat antibodi HIV di dalamnya maka anda positif terinfeksi HIV, pemeriksaan ini dapat dilakukan secara efektif setelah terinfeksi selama beberapa minggu. Pemeriksaan antigen-protein yang dihasilkan virus juga dapat menjadi acuan yang akurat untuk mendeteksi virus dan mudah dijalankan.
Dengan kemajuan pengobatan sekarang ini, Anda dapat tetap menikmati hidup meskipun terinfeksi HIV. Di samping itu, informasi mengenai perbedaan HIV dan AIDS hendaknya memotivasi Anda untuk mencegah infeksi HIV berkembang menjadi AIDS.

Source : www.healthline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *