Khasiat Kunyit si Tanaman Obat

Gambar Kunyit
Gambar Kunyit

Selama ini apa khasiat kunyit yang anda ketahui? Tentu sudah banyak orang yang mengetahui bumbu satu ini. Kunyit merupakan jenis bumbu yang digunakan dalam berbagai jenis masakan. Tidak hanya dijadikan sebagai bumbu saja. Kunyit juga digunakan sebagai obat tradisional. Sehingga tidak jarang kunyit digunakan sebagai bahan dalam pembuatan ramuan atau jamu. Bagian dari kunyit yang biasa digunakan sebagai obat adalah rimpang atau umbinya. Tetapi harus berusia lebih dari satu tahun. Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit bisa melepaskan gas berlebih dari usus, menghentikan pendarah, serta mencegah terjadinya penggumpalan darah. Bagi anda yang merasa penasaran, berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan
Selama ini kunyit dimanfaatkan sebagai obat menghilangkan rasa gatal, membasi virus, mencegah depresi, dan lain sebagainya. Banyak ramuan yang mudah dibuat dengan bahan dasar kunyit dan beberapa material lainnya. Salah satu khasiat kunyit misalnya untuk menurunkan tekanan darah. Anda cukup menyiapkan 50 gram daun pegagan, 300 cc madu asli, 3 ibu jari kunyit segar dan 500 cc air. Kemudian cincang daun pegagan dan kunyit kecil-kecil, setelah itu rebus dalam 500 cc air sampai tersisa sekitar 150 cc. Kemudian tunggu hingga dingin, baru setelah itu diminum. Pengobatan ini harus dilakukan secara rutin. Minum ramuan 3 kali dalam sehari dengan takaran masing-masing 1 sendok makan.

Kunyit juga ternyata dapat mengatasi panas demam. Caranya yaitu dengan memarut 20 gram kunyit segar yang sudah dibersihkan. Setelah itu masukkan ke dalam 100 ml air matang panas dan aduk perlahan sampai kunyit melarut. Kemudian tuangkan kunyit pada lap yang bersih, kemudian buat seperti bungkusan. Peras agar airnya keluar dan gunakan wadah kecil untuk menampung air. Air perasan kunyit tersebut kemudian diminum hingga suhu panas akibat demam menurun. Tentunya masih ada lagi khasiat kunyit yaitu untuk menghilangkan bau badan. Parut 2 ruas ibu jari kunyit segar hingga halus. Kemudian larutkan dalam 2/3 gelas air matang hangat yang sudah dicampurkan dalam gula aren. Aduk setelah itu saring airnya dan minum. Sebaiknya diminum 1 kali sehari sebelum tidur.

Kunyit juga ternyata dapat membantu mengatasi gatal yang seringkali dialami ketika cacar air. Cara membuat ramuannya, siapkan segenggam daun asam dan sepotong rimpang kunyit. Kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut. Setelah itu, blender kedua bahan tersebut hingga halus. Kemudian aplikasikan bahan yang sudah halus tersebut pada bagian kulit yang gatal karena cacar. Lakukan cara pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Demikianlah beberapa ramuan yang bisa dibuat untuk merasakan langsung khasiat kunyit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *