8 Cara Ampuh Agar Terhindar Dari Serangan Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus besar
Penyakit kanker usus besar

8 cara ampuh terhindari dari kanker usus besar – Kanker usus besar merupakan sebuah penyakit yang tentunya dapat mendatangkan resiko yang amat banyak, selain itu juga dapat mengangkut persoalan yang berhubungan dengan gangguan sistem metabolisme dan sistem pencernaan makanan Anda. Usus besar ini tentunya akan saling berhubungan dengan beberapa organ pencernaan yang lain seperti lambung, hati/liver, usus kecil serta usus halus. Apabila Anda telah memasuki tahap stadium lanjut, jenis kanker ini akan susah sekali untuk ditangani. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami tanda/gejala yang abnormal (tidak normal), yang pertama pada sistem pencernaan. Dan untuk itu, Anda disarankan untuk melakukan pencegahan dan pengobatan terlebih dini. Hal ini dilakukan, untuk memperkecil resiko yang disebabkan oleh kanker usus besar itu. Dan dibawah ini merupakan beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu Anda agar dapat terhindari dari penyakit kanker usus besar.

  1. Susu – merupakan jenis minuman yang bermanfaat untuk menguatkan tulang, namun juga bisa melindungi Anda dari serangan penyakit kanker usus besar. berlandaskan dari data yang ada, bahwa lebih dari ½ juta orang menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi susu paling tidak 1 gelas perhari, bisa menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar sampai 15%. Apabila Anda ingin mengkonsumsi susu, maka pilihlah susu yang mempunyai kandungan rendah lemak supaya bisa mendapatkan manfaat sehat susu tanpa harus cemas akan meningkatnya berat badan.
  2. Teh hijau & teh hitam – hasil penelitian dilaboratorium menyatakan bahwa senyawa pada teh bisa membantu menonaktifkan agen penyebab kanker. Senyawa itu juga bisa menghmbat pertumbuhan sel kanker. Seperti yang telah ditunjukkan dari hasil penelitian di laboratorium bahwa teh hijau mampu membantu untuk mentidak aktifkan agen pemicu kanker. Senyawa itupun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.
  3. Sayuran – jenis sayuran yang mengandung senyawa yang bisa menaklukan zat pemicu kanker sebelum zat itu memicu kerusakan sel DNA yakni sayur kangkung, brokoli, kembang kol, loba dan kubis.
  4. Makanan tinggi serat – para ahli menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi makanan yang diperkaya akan tinggi serat secara rutin dan teratur. Makanan apa sajakah itu? Karna serat ini bisa mengontrol kecepatan makanan disaat melewati sistem pencernaan dan dapat pula menjaga kesehatan usus besar. Seperti yang diunkapkan dari EPIC (European Prospective Investigation Of Cancer and Nutrition), orang yang mengalami kekurangan serat dapat dipastikan akan mengembangkan kanker usus sampai 40%. Makanan yang didalamnya terdapat kandungan serat alami seperti jenis buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, yang sudah terbukti lebih aman ketimbang suplemen serat.
  5. Kacang polong & jenis makanan lain yang mengandung tinggi folat – apabila didalam sebuah keluarga Anda ada yang pernah mengalami penyakit kanker usus besar, maka Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung akan folat, seperti jenis vitamin B yang bisa melindungi sel DNA dari kerusakan. Seperti studi Harvard University, hampir 89.000 perempuan yang mempunyai resiko terhadap penyakit kanker usus besar bisa mengurangi resiko mencapai 52% sesudah mengkonsumsi jenis makanan yang diperkaya akan folat walau hanya dengan mengkonsumsi 200mikrogram dalam setiap harinya. Dengan Anda mengkonsumsi semangkuk sayur bayam / buncis maka Anda bisa memperoleh sekitar 100gram s/d 150 mikrogram folat. 1 buah jeruk dapat pula menawarkan foolat sampai 50 mikrogram.
  6. Kunyit – warna kuning alami pada kunyit yang biasa disebut dengan curcumin, telah diakui sebagai obat anti kanker yang sudah terbukti ampuh. Curcumin ini bersifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan yang berkontribusi dengan pertumbuhan kanker. Selain itu, jenis rempah kunyit ini juga mampu membantu membuang karsinogen dalam tubuh sebelum merusak sel DNA serta juga dapat membantu memperbaiki kerusakan yang sudah dilakukan. Dan seperti yang ditunjukkan dari hasil penelitian dilaboratorium bahwa jenis rempah ini juga mampu membantu menyetopkan pertumbuhan sel kanker dan pengedaran sel-sel kanker. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menambahkan kunyit sebagai bumbu masakan, guna untuk mendapatkan manfaat sehat yang bisa mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar.
  7. Bawang putih & merah – kedua jenis bawang ini mengandung sulfida yang dapat membantu menguras karsinogen dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, hal ini dikarenakan kandunan antioksidannya. Hasil studi mengatakan, perempuan yang memakan 1 s/d 2 siung bawang putih dalam setiap minggunya akan beresiko 32% lebih rendah untuk terserang oleh penyakit kanker usus besar ketimbang dengan perempuan yang jarang makan bawang putih. Untuk mengkonsumsinya Anda bisa menambahkan kedua jenis bawang ini kedalam bumbu masakan Anda, guna untuk memperoleh manfaat kesehatan terhadap usus. Baca juga artikel menarik tentang obat herbal kanker usus yang ampuh. 
  8. Ikan & ayam – sebagaimana hasil dari penelitian yang dilakukan EPIC, bahwa memakan 300gram /10 ons ikan perminggu bisa mengurangi resiko dari terserang penyakit kanker usus besar hingga 30% ketimbang dengan orang yang mengkonsumsi ikan kurang dari 1 kali dalam seminggu. Ikan merupakan pilihan makanan yang lebih sehat ketimbang daging. Dan untuk itu, pilihlah ikan seperti salmon dan makarel, karna Anda juga bisa mendapatkan asam lemak omega-3 yang lebih banyak untuk menurunkan peradangan dalam usus. Apabila Anda tidak seneng mengkonsumsi ikan, maka ayam bisa menjadi alternatif lain dengan manfaat yang sama. Sebuah studi mngungkapkan bahwa ayam tidak aktif mempromosikan kanker usus besar, lain halnya dengan daging merah.

Itulah ulasan mengenai beberapa macam makanan sehat yang bisa Anda konsumsi, sebagai pencegah penyakit kanker usus besar. Semoga dengan hadirnya artikel ini, bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat pula untuk Anda semua… Aamiin J

Sumber : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *